Penomeran Menggunakan Angka Arab di Word



Sebenarnya penomeran atau pengetikan angka Arab sangatlah muda ketika sudah bisa cara pengetikan dengan huruf Arab, akan tetapi ada pengaturan yang perlu di perhatikan khususnya jika pengetikan menggunakan dua bahasa yang berbeda, seperti menggunakan bahasa Arab dengan huruf angka Arabic dan Indonesia dengan menggunakan huruf angka Latin.

Seperti yang telah diketahui dalam pengetikan bahasa Arab dimulai dari sebelah kanan dan untuk bahasa Indonesia dimulai dari sebelah kiri, jadi yang harus diperhatikan dalam penomeran menggunakan angka Arab adalah pengaturan Text Direction apakah akan menggunakan Left to Right dalam pengetikan bahasa Indonesia dan Right to Lift untuk Bahsa Arab.



Selain itu juga ada pengaturan lain yang perlu di tentukan agar dalam penomeran seperti membuat Nomer Halaman Arab sesuai dengan ketentuan pengetikan bahasa Arab, untuk lebih mudah berikut akan di jelasakan tahap-pertahap:

Dalam tutorial ini menggunakan Microsoft Word 2010 tetapi untuk seri lain kurang lebih sama, hanya beda tempat pengaturannya.

Pertama buka menu File dan pilih Option


Pada halaman Word Option pilih Advanced dan cari menu Show document content

Untuk colom Numeral: pastikan sudah memilih Context

Berikut ini ilustrasi pengetikan menggunakan dua bahasa dengan pengaturan Text Direction dan Numeral: Context

Dari gambar di atas terlihat perbedaan hasil dari pengaturan yang sudah di tentukan, semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat dalam setiap karya yang di kerjakan.


1 komentar:

  1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/cara-pindah-foto-dari-iPhoto-Photobooth-dari-harddisk-lama-ke-Mac-Osx-baru.html

    BalasHapus