Cara Menambah Input atau Font Arab di Android Jely Bean

Tutorial sebelumnya sudah kami jelaskan bagaimana menambah input atau font arab di Android Ice Cream Sendwice, dan dengan di perbaruinya seri Android 3,2 dengan nama Jely Bean penambahan input atau font arab juga berbeda. Akan tetapi dengan seri Android yang terbaru saat ini penambahan huruf Arab lebih mudah, karena kita tidak perlu menggunakan dan mendowload aplikasi tambahan.

Dalam tutorial kali ini kami menggunakan Semarphone Sony Xperia C dengan Seri Android 3,2 Jely Bean, namun demikian totorial ini bisa di terapkan di merek semarphone lain dengan seri android yang sama, meskipun tata letak dan penggunaan bahasa serrta icone yang berbeda di setiap merek semartphone.
Langsung saja kami akan menjelaskan tahap demi tahap tanpa ada yang terlewatkan cara untuk menambah input atau font Arab di Android Jely Bean berikut:

1. Masuk pada Menu dan pilih icon Setelan.
 























2. Pada bagian Setelan Pribadi pilih menu Bahasa & Masukan
 






















 
3. Berikutnya di menu Papan Ketik & Metode Masukan tekan icon pengaturan Papan Ketik Xperia
 























4. Masuk pada Bahasa
























5. Berikutnya kita akan memilih bahasa pada Bahasa Tulisan
























6. Centang bahasa apa saja yang akan kita ingin gunakan gunakan, dalam hal ini kami mencentang Arab (AR) dan Indonesia (IN)
























Kita juga bisa nantinya dengan cara yang sama dalam menambah input bahasa lain dengan mencentang beberapa bahasa yang kita inginkan di menu tersebut.
Setelah proses selesai kembali ke menu awal, untuk mencoba mengetik huruf Arab kita menggunakan menu Pesan, dan cara penggunaannya sebagai berikut:


1. Cara mengganti menjadi papan ketik huruf Arab, tekan tombol IN sebelah tombol Enter sampai berubah menjadi AR dan papan ketik berubah huruf Arab, atau pada beberapa merek lain mungkin sedikit berbeda letaknya.















































2. Tekan tobol Shift atau panah atas untuk melihat angka dan huruf yang lain
























Jika pada waktu mencoba mengketik Arab hurufnya tidak sambung, maka bisa melihat di tutorial sebelumnya yang kami buat pada Android Ice Cream Sendwice, karena mungkin dibutuhkan aplikasi tambahan dalam pengaturan input bahasa Arab. Sekian semoga bermanfaat . . .

6 komentar: